banner stopnarkoba
4327 KALI DIBACA

13 Tahun Tsunami, Gubernur Aceh Ajak Warga Bangun Budaya Siaga Bencana

13 Tahun Tsunami, Gubernur Aceh Ajak Warga Bangun Budaya Siaga Bencana

Banda Aceh, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menghadiri peringatan 13 tahun gempa dan tsunami yang dipusatkan di halaman Masjid Al Ikhlas, Gampong Meunasah Masjid, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar. Peringatan Tsunami yang mengusung bertema “Melawan Lupa, Bangun Kesadaran Masyarakat menuju Budaya Siaga Bencana” turut dihadiri undangan dari Korea Selatan, Jepang, Malaysia Thailand, Yaman dan Myanmar.

Irwandi mengajak masyarakat Aceh menjadikan peringatan 13 tahun gempa dan tsunami sebagai momentum meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana. “Jadikan peringatan gempa dan tsunami membangun budaya siaga bencana. Mari memperkuat kewaspadaan,” kata Gubernur Aceh Irwandi Yusuf seperti dilansir Antara, Selasa (26/12).

Irwandi mengingatkan masyarakat pentingnya meningkatkan kewaspadaan sejak dini. Dengan kewaspadaan, masyarakat bisa mengurangi dampak paling buruk yang ditimbulkan akibat sebuah bencana.

“Orang takkan punya kapasitas memprediksi kapan bencana datang. Tapi sikap waswas yang dimiliki harus selalu siaga. Jangan pernah berhenti berjuang. Inilah semangat yang bisa kita petik dari bencana yang pernah melanda kita,” pesan Irwandi.

Gubernur menuturkan, bangkit pascatsunami harus menjadikan semangat membangun Aceh lebih baik lagi. Sebelumnya banyak yang pesimis bahwa Aceh tidak akan bisa bangkit.

“Tapi dukungan dari masyarakat dunia kepada Aceh cukup luar biasa. Ini yang membuat Aceh kembali bangkit secara perlahan-lahan hingga hari ini,” ungkap Irwandi Yusuf.

Untuk diketahui, Gempa berkekuatan 9,2 pada skala Richter disusul tsunami yang terjadi di Samudera Hindia pada 26 Desember 2004 meluluhlantakkan sebagian Provinsi Aceh. Bencana tersebut mengakibatkan lebih dari 250 ribu orang meninggal dunia dan ratusan ribu lainnya kehilangan tempat tinggal.(antara)

Subscribe

TEGAS BERITA

%d blogger menyukai ini: