banner stopnarkoba
3747 KALI DIBACA

BPJS Tak Tanggung Untuk Narkoba Dan Kecanduan

BPJS Tak Tanggung Untuk Narkoba Dan Kecanduan
eses II/2016 anggota DPRD Kota Medan Drs Wong Chun Sen, Selasa (14/6) malam.

formatnews I Medan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan Kota Medan menegaskan pihaknya tidak akan menanggung pembiayaan bagi kepesertaan BPJS terutama untuk pasien penderita karena narkoba dan kecanduan.

“Kesehatan itu sangatlah mahal, kita gak tahu kapan sakit, terutama untuk narkoba dan kecanduan itu tak ditanggung BPJSM Jadi, kalau nanti ada anak bapak/ibu yang direhab karena narkoba, itu tak dikoper, karena yang dikoper adalah indikasi medis melalui proses prosedur lengkap baru bisa,”kata Kesia Brahmana staf ahli kepesertaan BPJS, dalam acara reses II/2016 anggota DPRD Kota Medan Drs Wong Chun Sen, Selasa (14/6) malam.

Selain itu, terang Kesia, BPJS kesehatan juga sudah dapat menerima. Kepengurusan kepesertaan baru hingga 3×24 jam, dengan konteks peserta adalah kurang mampu dan listriknya dibawah 900 watt.

“Tapi, kita ingatkan juga, jangan tiba-tiba sakit atau masuk ICU baru pikirkan kartu BPJS,”ungkapnya sembari mengatakan termasuk contoh kasus lainnya ada yang mau melahirkan anak kembar dua, masuk inkubator hanya saja tidak mempunyai BPJS, namun itu bisa dilakukan dalam waktu 3×24 jam, dengan menunjukkan BPJS aktif, KK orangtua, bukti lahir rumah sakit dan kartu BPJS orangtua yang bersangkutan (untuk badan usaha),

Mewakili BPJS kesehatan, Kesia mendorong masyarakat agar jadilah peserta yang bijak yang aktif, bila menemui masalah manfaatkan BPJS center yang ada di rumahsakit-rumahsakit,”Jangan anda layani minta-minta uang,”serunya.

“Kita juga gak mau yang terjadi BPJS jelek dibanyak mata orang, karena oknum-oknum nakal cari duit mengatsnamakan BPJS, padahal BPJS gratis sepanjang itu indikasi medis, tak boleh narkoba dan kecanduan, itu gak bisa kita tanggung,”harapnya.

Sementara, dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan menambahkan, untuk bantuan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu pemerintah telah menyiapkan seperti program medan sehat, BPJKM, PBI, artinya masyarakat dapat mengusulkan kepihaknya (Dinkes) di Petisah, dengan syarat benar-benar miskin diketahui lurah dan camat.

Selaku anggota DPRD Kota Medan Wong Chun Sen berharap masyarakat dapat memanfaatkan BPJS kesehatan secara positif, karena sangat dibutuhkan saat berobat atau cek kesehatan.

“Yang jadi masalah ada yang belum urus BPJS, setelah sakit baru diurus ini pasti berpengaruh, akibatnya ambil umum, maka kena biaya tinggi yang rugi masyarakat,”papar anggota Komisi B ini. (rom)

Subscribe

TEGAS BERITA

%d blogger menyukai ini: