banner stopnarkoba
357 KALI DIBACA

IKUTI DAN REBUT HADIAHNYA LOMBA KARYA JURNALISTIK TMMD (TNI MANUNGGAL MEMBANGUN DESA) TA 2017

IKUTI DAN REBUT HADIAHNYA  LOMBA KARYA JURNALISTIK TMMD (TNI MANUNGGAL MEMBANGUN DESA) TA 2017

#Terbuka untuk : Jurnalis Cetak dan Elektronik

MEDAN – TEMA : “DENGAN SEMANGAT KEMANUNGGALAN TNI DAN RAKYAT KITA PERCEPAT PEMBANGUNAN DI DAERAH GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM RANGKA MENJAGA KEUTUHAN NKRI”.

KETENTUAN LOMBA :
1. Jurnalis cetak dan online:
– Lomba terbuka untuk wartawan/koresponden/kontributor media massa daerah dan media nasional yang ada di daerah Medan
– Peserta perorangan atau tim
– Jumlah peserta dari satu media tidak dibatasi
– bentuk tulisan bebas (feature hasil wawancara dan lainnya)
– Wartawan diberi kebebasan untuk mencari data TMMD ke Kodim 0201/BS dan Penerangan Kodam I/BB sebagai bahan pembuatan karya jurnalistik
– karya jurnalistik yang diikutkan lomba dapat berupa hasil wawancara/pengamatan di lapangan atau berdasarkan data yang didapat dari Kodim 0201/BS, Penrem dan Pendam I/BB
– karya jurnalistik harus sudah dimuat disalah satu media masa.
– Wartawan dapat mengirimkan lebih dari satu (tidak dibatasi) berita atau artikel untuk diikutkan lomba, dan
– Hasil karya jurnalistik dikirim ke Kodim setempat untuk diteruskan ke koordinator lomba dengan alamat Jl Veteran No 5 Jakarta Pusat.

2. Jurnalis Tv
– Lomba terbuka untuk wartawan/koresponden/kontributor media massa daerah dan media nasional yang ada di daerah Medan
– Peserta perorangan atau tim
– Jumlah peserta dari satu media tidak dibatasi
– Peserta bebas menurunkan pemberitaan dalam berbagai bentuk; pemberitaan, feature, hasil wawancara, dan lainnya
– Karya jurnalistik dibuat dalam bentuk audio visual, berupa berita, feature, dialog, dan talkshow, dengan durasi waktu tidak dibatasi.
– Wartawan diberi kebebasan untuk mencari data TMMD atau hasil dokumentasi video ke Kodim, Penrem dan Pendam sebagai bahan pembuatan karya jurnalistik
– karya jurnalistik yang diikutkan lomba dapat berupa hasil wawancara/pengamatan di lapangan yang dipadukan dengan dokumentasi video yang didapat dari Kodim, Penrem dan Pendam
– karya jurnalistik harus sudah dimuat di media televisi (youtube, blog dan media sosial tidak diakui)
– Wartawan dapat mengirimkan lebih dari satu (tidak dibatasi) dan
– Hasil karya jurnalistik dikirim ke Kodim 0201/BS (Kota Medan) Jln Pengadilan no 8 untuk diteruskan ke koordinator lomba dengan alamat Jl Veteran No 5 Jakarta Pusat

WAKTU LOMBA :

Tahap II
A. pembukaan lomba pada awal Juni 2017 (rencana Rakornis TMMD ke 99)
B. penilaian lomba dimulai pada awal Juni s/d Agustus 2017
C. penyerahan hadiah perlombaan pada September 2017 saat pelaksanaan Rakornis ke 100 oleh Kasad
d. Contact person untuk koordinasi dengan Serka Ropain (Kodim 0201/BS) 081285820164

PANITIA DAN JURI
Panitia lomba karya jurnalistik terdiri dari dua komponen yakni panitia pelaksana yang terdiri dari anggota Sterad dan Dispenad dan tim juri terdiri dari para praktisi dan professional yang memiliki integritas dan pengalaman di bidang penyusunan dan penilaian karya jurnalistik.

HADIAH (uang tunai, tropi, dan piagam)
Wartawan media cetak, nasional maupun daerah:
A. Juara I : Rp 15.000.000
B. Juara II : Rp 10.000.000
C. Juara III : Rp 7.500.000
Wartawan media elektronik nasional maupun daerah:
A. Juara I : Rp 15.000.000
B. Juara II : Rp 10.000.000
C. Juara III : Rp 7.500.000

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), merupakan komitmen karya bakti TNI untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang mempunyai misi mulia, yakni mempertahankan semangat kekeluargaan dan budaya gotongroyong yang menjadi rohnya NKRI.

Hal ini dikatakan Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0201/BS, Kolonel Bambang Herqutanto dalam kata sambutannya.

Bambang bercerita, sebelum bernama TMMD, dulu awal pertama dilaksanakan karya bakti ini dikenal masyarakat dengan sebutan ABRI Masuk Desa. “Pada tahun 1980 pertama kali gerakan ini dilakukan dengan namanya ABRI Masuk Desa (AMD). Setelah reformasi diganti dengan TNI Manunggal Membangun Desa,” ujar Dandim.

Dan pada tahun 2017 ini, Kodim 0201/BS diamanahkan menjalankan tugas mulia TMMD, yakni untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan infrastruktur di daerah tertinggal wilayah Kota Medan.

“Tujuan mulai dilaksanakannya TMMD, salah satunya untuk mempercepat pembangunan di desa tertinggal,” ungkap Kolonel Bambang Herqutanto.

Program ini membawa ‘sejuta’ manfaat dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat dipedalaman. “Ini semua dilakukan TNI untuk kepentingan masyarakat. Dulu program ABRI Masuk Desa hanya sekali dalam setahun, namun seiring dengan banyak permintaan masyarakat, maka sekarang TMMD digelar 3 kali setahun,” perwira TNI berpangkat bunga melati tiga ini.

Dandim 0201/BS menambahkan, TMMD adalah cermin semangat bangsa Indonesia membangun wilayahnya dalam menunggal kebersamaan melalui budaya gotongroyong. “TMMD juga menjadi roh dari mempertahankan semangat kekeluargaan dan budaya gotong royong yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Di samping sebagai roh dari NKRI, kata Dandim, TMMD juga sebagai implementasi sumpah prajurit dan delapan wajib TNI. “Kalau bukan kita (TNI dan Rakyat), siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi. Semangat Indonesia ku Manunggal Dalam Kebersamaan,” katanya. (Yas/Jion)

Subscribe

TEGAS BERITA

%d blogger menyukai ini: