banner stopnarkoba
3587 KALI DIBACA

Mahasiswa UGM Ciptakan Plastik organik dari Biji Durian

Mahasiswa UGM Ciptakan Plastik organik dari Biji Durian

Limbah plastik dikenal sangat sulit terurai, sehingga banyak pihak berusaha untuk mencegah bertambahnya limbah tersebut. Pemerintah Indonesia bahkan telah menerapkan program tas plastik berbayar agar masyarakat sadar bahaya limbah ini untuk lingkungan. Kondisi inilah yang tampaknya menginspirasi mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Baru-baru ini, sejumlah mahasiswa asal UGM menciptakan plastik organik yang ramah lingkungan. Menariknya, plastik ini dibuat dari biji durian. Biji durian ii diolah sedemikian rupa sehingga menjadi plastik organik.

Biji durian dipilih karena kadar tepung patinya mencapai 50 persen dari berat total. Biji durian pun dinilai lebih efektif daripada bahan lainnya untuk dijadikan plastik organik.

“Tapi hasil uji laboratorium kami membuktikan plastik dari biji durian ini mampu lebih cepat menyerap air ketimbang plastik biasa,” ujar Annisa Fahria Rofi, salah satu anggota penelitian pada Jumat (11/3/2016) seperti dilansir Tempo. “Meski daya serapnya hanya 0,01 mililiter per hari.”

Saat ini, mereka masih berusaha untuk melakukan penelitian lebih lanjut agar plastik organik ini memiliki tingkat elongasi tinggi. Sehingga plastik tersebut memungkinkan untuk diolah menjadi bahan tas kresek. “Agar bisa jadi bahan plastik kresek,” tandasnya. (wk

Read more: http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00104438.html#ixzz42bqdjjX9

Subscribe

TEGAS BERITA

%d blogger menyukai ini: