banner stopnarkoba
2527 KALI DIBACA

Musda PARKINDO SULSEL 20 Januari 2018

Musda PARKINDO SULSEL 20 Januari 2018
Ranap Sinaga, Ketua DPP Parkindo

JAKARTA – Ranap Sinaga salah satu Ketua DPP yang mewakili Alida Lampe (Ketua Umum DPP) melakukan pertemuan dengan Djuli Mambaya (Ketua Mandataris DPD Sulawesi Selatan) membahas persiapan Musyawarah Daerah Parkindo Sulawesi selatan.

Dalam penjelasannya Parkindo lahir dari pertemuan tahunan yang diadakan Yayasan Komunikasi. Yayasan ini dibentuk Partai Kristen Indonesia tahun 1969 untuk menangani masalah-masalah di luar politik Praktis.

Berbeda dengan sejumlah partai Islam, seperti Perti, PSSI, NU, dan Parmusi yang tsetelah berfusi ke PPP kemudian menjadi ormas, Parkindo baru muncul belakangan. Yaitu 20 tahun setelah berfusi 1973.

Sejak berdiri pada 29 November 1993, Lembaga Keumatan Ormas Parkindo baru menyelenggarakan Munas 4 kali. Pada Munas ke – I tahun 1995 memiliki ketua Umum Sabam Sirait, Pada Munas ke – II tahun 2000 memiliki ketua umum Marojahan Doloksaribu, dan pada Munas ke – III tahun 2005 memiliki ketua umum Saut Sirait. Pada pelaksanaan ketiga munas tersebut, di hadiri belasan DPD dan puluhan DPC.

Pada Pengurusan Periode ke-3 yang seharusnya selesai pada 2010, tertunda MUNAS nya selama 5 tahun, sehingga baru dapat dilaksanakan pada bulan Agustus 2015.

Periode Pengurusan ini, memiliki target. Dimana pada 2015 – 2017 adalah periode dimana persiapan dan konsolidasi organisasi dan pembentukan kelembagaan dan mengaktifkan DPD yang sudah lama vakum.

Pada kesempatan kali ini, Ranap Sinaga juga mengungkapkan bahwa saat ini periode selama 2 tahun ini DP sudah menunjuk 19 DPD Mandataris dengan total 57 DPC Mandataris yang direkomendasikan oleh setiap DPD di seluruh Indonesia.

Saat ini baru satu DPD Kalimantan Selatan yang sudah definitif dengan berhasil menggelar Musyawarah Daerah (MUSDA) Ke – I pada 25 November 2017. Berikutnya DPD Sulawesi Selatan akan menyusul sebagai daerah kedua dan daerah pertama di tahun 2018 yang akan menggelar MUSDA Ke – I pada 19 – 20 Januari 2018.

Selanjutnya setelah DPD Sulawesi Selatan akan menyusul DPD Sumatera Utara, Maluku dan Sulawesi Utara yang memiliki rencana Februari 2018.

“DPP juga memiliki target harus melaksanakan RAPIMNAS setelah setengah tahun periode pengurusan DPP.” tutur Ranap

DPP PARKINDO sendiri memiliki target akan mengadakan RAPIMNAS (Rapat Pimpinan Nasional) pada pertengahan Tahun 2018, yang target dihadiri oleh DPD dan DPC yang sudah definitif sebagai peserta. “target peserta Rapimnas adalah 8 DPD dan 20 DPC yang definitif” lanjut Ranap

Ranap juga menambahkan DPD dan DPC caretaker juga dapat menghadiri RAPIMNAS pada pertengahan tahun 2018 nanti sebagai peninjau.

“Minggu depan DPP PARKINDO akan Rapat, membahas persiapan DPD Sulawesi Selatan membuka rangkaian target DPP untuk melaksanakan MUSDA di beberapa DPD” ujar Ranap Sinaga.

Djuli Mambaya juga menambahkan bahwa, DPD Parkindo Provinsi Sulawesi Selatan siap melaksanakan kegiatan Musda dan Rapat Kerja daerah. “Saat ini kami telah memiliki perwakilan 12 DPC yang akan mengikuti Musda. Stakeholder Pemerintah Provinsi, Kota Makassar dan Lembaga Keumatan akan hadir juga pada pelaksanaan musda pertengahan Januari 2018 nanti.” tutup Djuli Mambaya (*)

Subscribe

TEGAS BERITA

%d blogger menyukai ini: