banner stopnarkoba
13207 KALI DIBACA

Pimpinan KPK Tegaskan Gugatan Hak Angket KPK Inisiatif Karyawan

Pimpinan KPK Tegaskan Gugatan Hak Angket KPK Inisiatif Karyawan

Jakarta – Pegawai KPK mendaftarkan gugatan judicial review (JR) soal hak angket ke Mahkamah Konstitusi (MK). Wakil Ketua KPK Laode M Syarif menyatakan hal itu bukan dorongan pimpinan.

“Mereka independen dan ingin melakukan. Setelah itu, wadah pegawai melakukan hal seperti itu dan kami mendukung,” ungkap Laode M Syarif di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (13/7/2017).

“Secara konstitusional, itu hak pegawai dan pegawai KPK karena itu menyangkut dan berhubungan dengan kerja KPK. Diketahui dan di-support,” ucapnya.

Sebelumnya memang sudah ada pihak lain yang mengajukan JR serupa kepada MK. Menurut Syarif, ada kemungkinan pengajuan JR tersebut bisa bertambah.

“Saya pikir masih banyak lagi masyarakat yang mau JR agar menjadi jelas kewenangan KPK dan DPR. Supaya jelas gitu. Dan nanti KPK akan mengikuti apa yang diputuskan MK,” ujar Syarif.

Sebagaimana diketahui, pegawai KPK mengajukan JR terhadap Pansus Hak Angket KPK ke MK siang ini. Mereka melihat langkah Pansus sebagai intervensi hukum yang bisa berulang.

“Proses angket ini adalah sebagai bentuk DPR melakukan intervensi terhadap proses penegakan hukum yang dilakukan oleh KPK. Dan, menurut kami, ini bukan bicara mengenai penegakan hukum e-KTP saja, tapi ke depan kalau Pansus ini berhasil, maka penegakan hukum lain yang dilakukan oleh KPK berpotensi diintervensi oleh Pansus,” ungkap pegawai KPK, Lakso Anindito, saat dihubungi, Kamis (13/7).

Alasan berikutnya adalah, sebagai warga negara pembayar pajak, mereka tidak terima duitnya disalahgunakan untuk upaya menghambat pemberantasan korupsi. Dan yang ketiga, pengguliran hak angket bisa menjadi ancaman bagi lembaga independen lain.

“Itu mengapa kita mengajukan minta tafsiran kepada MK terbatas Pasal 79 ayat 3 (UU MD3) itu. Objek angket seharusnya tidak lebih dari pemerintah,” kata Lakso.

Subscribe

TEGAS BERITA

%d blogger menyukai ini: