banner stopnarkoba
2607 KALI DIBACA

Presiden Jokowi Hadiri Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia

Presiden Jokowi Hadiri Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia

sleman – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia yang diikuti kader Pemuda Muhammadiyah dan Gerakan Pemuda (GP) Anshor Nahdlatul Ulama, di kompleks Candi Prambanan, Sleman.

Jokowi memberi pesan kepada dua organisasi pemuda Islam terbesar di Indonesia yang bisa bersatu dalam sebuah apel skala nasional dan mencatatkan torehan sejarah baru bagi bangsa Indonesia.

“Bagi saya, semangat kebangsaan adalah pondasi kemajuan negara kita Indonesia,” kata Jokowi ketika memberikan amanat upacara Apel Kebangsaan, Sabtu (16/12/2017).

Menurut Jokowi, Pemuda Muhammadiyah dan GP Anshor merupakan pewaris darah juang para ulama dan penerus perjuangan pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan dan pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy’ari.

“Saudara-saudara adalah pejuang untuk membangun Islam, Islam yang rahmatan lil alamin, mengembangkan Islam Nusantara, Islam Berkemajuan, memperkuat Islam Indonesia,” kata Jokowi.

Jokowi mengingatkan Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, kerap dijadikan contoh bagi bangsa muslim lainnya dalam hal merawat persatuan antar sesama umat muslim dan antar umat beragama lain, contoh toleransi, dan gotong-royong masyarakat yang majemuk.

Jokowi pun mengajak Pemuda Muhammadiyah dan GP Anshor untuk terus merawat persatuan dan kesatuan, menjaga kebhinnekaan, dan toleransi antar sesama.

“Negara kita adalah sumber inspirasi bagi negara muslim dan negara Islam di dunia. Sebagai negara besar, harus terus kita rawat, kita jaga, karena itulah membuat negara lain belajar dengan kita,” jelasnya.

Ditambahkannya, Pemuda Muhammadiyah, GP Anshor, dan pemuda muslim Indonesia juga harus memperkuat peran dalam dunia global dengan meningkatkan kapasitas masing-masing.

“Tingkatkan daya saing untuk masuk dunia kerja, tingkatkan kemampuan kewirausahaan, kreativitas dan inovasi untuk membantu umat. Pemerintah selalu siap mendukung,” imbuh Jokowi.

Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia diikuti sekitar 20.000 kader Pemuda Muhammadiyah dan GP Anshor dijadwalkan berlangsung Sabtu-Minggu (16-17/12/2017).

Seusai upacara pembukaan, Jokowi beserta Ketua PP Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak dan Ketua Umum GP Anshor Yaqut Cholil Qoumas secara simbolis menyempatkan menanam pohon di lapangan Siwa, kompleks Candi Prambanan. (red)

Subscribe

TEGAS BERITA

%d blogger menyukai ini: