banner stopnarkoba
367 KALI DIBACA

Separuh Jemaah yang Mendarat di Madinah Sudah Bergerak ke Mekah

Separuh Jemaah yang Mendarat di Madinah Sudah Bergerak ke Mekah

Madinah – Total jemaah haji Indonesia yang mendarat di Madinah berjumlah sekitar 102 ribu orang. Hampir separuhnya sudah berangkat ke Mekah. Sisanya masih di Madinah untuk beribadah arbain (salat 5 waktu 40 kali tanpa putus).

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Daerah Kerja Madinah, Senin (14/8/2017) per pukul 08.00 waktu Arab Saudi, total jemaah yang sudah diangkut ke Mekah berjumlah lebih dari 46 ribu. Hari ini, kurang-lebih 9 ribu jemaah yang tergabung dalam 22 kelompok terbang (kloter) dijadwalkan bergeser ke Mekah.

Para jemaah diberangkatkan ke Mekah dengan menggunakan bus. Seksi Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mengorder 6 perusahaan bus. Perusahaan bus diwajibkan menggunakan armada keluaran baru dengan fasilitas AC, toilet, dan GPS. Sebagian sopir bus merupakan warga Indonesia yang telah lama tinggal di Arab Saudi.

Jemaah dijemput ke hotel yang berada di sekitar Masjid Nabawi 3 jam sebelum pemberangkatan. Mereka dibawa ke Bir Ali, yang berjarak sekitar 9 kilometer dari Madinah untuk miqat (berniat umrah) dan pengecekan dokumen. Setelah itu, bus meluncur ke Mekah.

Jarak Madinah ke Mekah berkisar 450 kilometer. Dalam situasi normal, jarak ini ditempuh dalam waktu 6-8 jam.

Pemberangkatan jemaah dari Madinah ke Mekah akan berlangsung hingga Minggu (20/8). Di sisi lain, pemberangkatan jemaah dari Tanah Air ke Jeddah untuk kemudian ke Mekah dilakukan sejak Sabtu (12/8) hingga Sabtu (26/8). Seluruh jemaah dijadwalkan mengikuti puncak haji pada akhir Agustus mendatang.

Subscribe

TEGAS BERITA

%d blogger menyukai ini: