banner stopnarkoba
1257 KALI DIBACA

TMMD 99 POLES MUTIARA MANGROVE SICANANG

TMMD 99 POLES MUTIARA MANGROVE SICANANG

Catatan: ILYAS NASUTION

Hutan mangrove Sicanang bila dipandang sekilas mata saja maka tidak akan terkesan. Siapa sangka ketika hutan tersebut dipoles dan ditata secara alami, menjadi indah dan menawan sehingga tak puas mata memandang bagaikan mutiara bersinar diterpa terik matahari.

Adalah lingkungan 1, salah satu dari 20 lingkungan yang berada di Kelurahan Sicanang Belawan
Medan Sumatera Utara.

Tepatnya dihujung jalan yang telah selesai diproyeksikan TMMD ke 99 tahun 2017 Kodim 0201/BS berupa penimbunan jalan sebagai sasaran fisik.

Terdapat ‘Mutiara Sicanang Taman Wisata Mangrove’ berada dihujung jalan TMMD tempat wisata alami memiliki panorama indah tak puas mata memandang. Pohon mangrove nan hijau menjadi daya tarik tersendiri menghiasi di kanan kiri. Bahkan rumah pohon diatas batang mangrove, musholla sebagai tempat ibadah bertengger indah diatas pohon mangrove, semua menggambarkan nilai seni yang tinggi terlukis dari keberadaan semua itu.

Di informasikan, daerah perlindungan mangrove berbasis masyarakat merupakan kawasan pesisir pantai dan laut yang dipilih serta ditetapkan untuk dilindungi bahkan dikelola secara berkelanjutan yang dilakukan secara bersama-sama baik oleh pemerintahan desa/kelurahan, masyarakat dan pihak lain.

Selain untuk meningkatkan dan mempertahankan produksi perikanan disekitar mangrove, juga menjaga dan memperbaiki ke aneka ragaman hayati mangrove, ikan, dan biota lainnya.

Dikembangkan menjadi tujuan wisata dengan pengharapan bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat juga pengelolanya.

Selanjutnya, merangsang memperkuat masyarakat dalam mengkelola mangrove, sekaligus guna mendidik masyarakat dalam konservasi dan pemanfaatan sumber daya berkelanjutan.

Sebagai lokasi penelitian dan pendidikan tentang keanekaragaman hayati sumber daya pesisir dan laut maka dibagi menjadi 3 zona.

Pertama zona inti, kemudian zona penyangga dan zona pemanfaatan. Berfungsi sebagai tempat pemijahan atau perkembang biakannya biota laut sekaligus tempat tabungan biota laut.

Mangrove Inilah awal pendukung zona inti untuk tempat perkembangan biakan biota laut sehingga dapat meningkatkan hasil tangkapan nelayan. Secara langsung meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat pengguna, khususnya Sicanang Belawan.

Gerakan menghijaukan bumi Sicanang Belawan dengan menanam bibit pohon mangrove pada program TMMD 99 yang melibatkan berbagai elemen menambah kecantikan dan keindahan Taman wisata Hutan Mangrove Sicanang Belawan, ibarat TMMD memoles sebuah Mutiara menjadi tambah bersinar.

( Tulisan ini dikutip dari sumber terpilih dan hasil investigasi selama hampir 3 (tiga) minggu TMMD ke 99 tahun 2017 Kodim 0201/BS berada di Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan. Provinsi Sumatera Utara )

Subscribe

TEGAS BERITA

%d blogger menyukai ini: