Warga dan Pemerintah Panen Bawang di Tebingtinggi

Warga dan Pemerintah Panen Bawang di Tebingtinggi
H.Agissalim, Marimbun Marpauan, dan Camat Rambutan panen bawang merah bersama petani (antara/dhani)

fnews-Tebing Tinggi: Asisten Bidang Pemerintahan H.Agussalim didampingi Kadis Pertanian Marimbun Marpaung, Kabag Perekonomian Zahidin, Direktur PT.Bank Sumut Cab.Tebing Tinggi lakukan panen perdana bawang merah bersama warga Kel.Mekar Sentosa Kec.Rambutan Kamis (13/4).

H.Agussalim didampingi Kadis Pertanian Marimbun Marpaung menyampaikan bahwa panen perdana bawang merah ini merupakan bantuan CSR Bank Sumut Cab.Tebing Tinggi disampaikan melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Dari dana CSR sebesar Lk Rp.69 juta diperuntukan pembelian bibit jenis varitas Biru Lancor Probolinggo Jawa Timur sebanyak 560 Kg serta pupuk dan alat-alat penyemprot lainnya.

Bantuan tersebut diberikan kepada 2 kelompok tani Mekar Sari II pimpinan Wagimin dan Kelompok Tani Sumber Rezeki pimpinan Sukur, dan ditanam pada 15 rante sebagai awalnya, dan kedepannya akan dikembangkan lagi.

Marimbun Marpaung, menjelaskan bibit Biru Lancor ini menurut petani lebih baik dari yang semula didatangkan dari Berebes, dari hasil yang didapat ini kita akan kembang terus, tidak saja di kelurahan Mekar Sentosa, dikelurahan lainnya juga kita upayakan melalui kelompok tani yang dijkelurahan.

Wagimin Ketua Kelompok Tani Mekar Sari II mengatakan dari bantuan yang diberikan 1 Kg bibit dapat menjadi 10 Kg, kondisi bawang merahnya terbilang baik, dari 15 rante yang ditnami hasilnya  bagus, dan kendala yang dihadapi hanya masalah cuaca saja, bawang ini tidak bisa kebanyakan dan kekurangan air,
maunya sedang-sedang saja.

Pincab Bank Sumut Tebing Tinggi Suwandi mengatakan Bank Sumut ada menyalurkan dana CSR nya pada bidang Pertanian dan Perekonomian, dan salah satunya kepada petani bawang ini melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Saya senang sekali melihat para petani bawang berhasil baik panen bawangnya dan ini menambah semangat mereka lebih gait lagi, apalagi mereka bercita-cita ingin menjadikan daerah  ini menjadi penghasil komoditi bawang untuk daerah Kota Tebing Tinggi dan sekitarnya.

Panen perdana tersebut juga diikuti Camat Rambutan Zubir Husni Harahap dan para lurah sekecamatan Rambutan. (Antarasumut)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan