banner stopnarkoba
2977 KALI DIBACA

Wooo,…SMAN 3 Pangkal Pinang Manfaatkan Pendidikan Berbasis IT

Wooo,…SMAN 3 Pangkal Pinang Manfaatkan Pendidikan Berbasis IT
Ilustrasi siswa menggunakan Gadget

formatnews | Pangkalpinang

Hal ini patut dicontoh bagi seluruh sekolah di Indonesia. Bagaimana tidak, pesatnya kemajuan teknologi benar-benar dimanfaat secara baik dan benar. Contohnya saja, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 kota Pangkal Pinang Bangka Belitung, mengembangkan dunia pendidikan dengan berbasis IT.

Pihak Sekolah sama sekali tidak memberikan batasan bagi siswanya untuk menggunakan Handphon Gadgetnya. Malah sekolah memanfaatkan ini sebagai penunjang proses belajar mengajar siswanya, dengan menyediakan aplikasi School Media dan Edmodo.

Hal ini dikatakan Kepala SMAN 3 Pangkal Pinang Kunlistiani. Menurutnya, aplikasi ini tidak hanya digunakan bagi guru dan siswa saja. Tapi, orang tua siswa, Dinas Pendidikan dan pejabat berwenang dapat melakukan monitoring melalui aplikasi ini.

“Untuk ujian kenaikan kelas (UKK), kami sudah pakai aplikasi ini, dari kelas X sampai kelas XII,” kata Kun di SMAN 3 Pangkalpinang, Babel, Selasa (19/7/2016).

Siswa dapat mengerjakan ujian kenaikan kelas dengan menggunakan ponsel android atau laptop. Sementara bagi siswa yang tak memiliki keduanya, dapat menggunakan fasilitas lab komputer milik sekolah. Menurut Kun, dari 803 siswa SMAN 3 Pangkalpinang, hanya sekitar 90 siswa yang menggunakan komputer sekolah untuk mengerjakan UKK.

Selain praktis, mengerjakan ujian melalui aplikasi juga mencegah kecurangan siswa. Sebab seluruh soal diacak sehingga tak ada siswa yang mendapatkan soal sama persis meskipun mata pelajaran yang diujikan sama.

“Kalaupun mau contek-contekan, keburu habis waktu karena soalnya diacak, pilihan gandanya juga diacak,” katanya.

Usai ujian, siswa dapat langsung mengetahui berapa nilai mereka. Kunci jawaban yang benar juga dapat diakses di aplikasi tersebut sebagai bahan koreksi siswa, yang tentunya atas seizin guru.

Orang tua juga dapat mengetahui rekapan nilai anaknya melalui aplikasi itu. Bahkan nilai rapor juga dapat diakses dari aplikasi school media. Ke depan, SMAN 3 Pangkalpinang akan memasukkan data presensi siswa ke dalam sistem, sehingga para orang tua dapat memonitornya dengan mudah.

“Jadi kalau besoknya pembagian rapor, tengah malam, orang tua sudah bisa mengakses nilai anaknya. Jadi anak nggak bisa bohong,” kata Kun.

Selain memudahkan siswa, aplikasi ini juga sangat meringankan kerja guru. Mereka tak perlu lagi melakukan rekap nilai manual yang sangat menyita waktu dan tenaga. Konsistensi nilai juga lebih terjaga dengan adanya aplikasi ini.

“Kalau manual, guru masih bisa mengubah nilai siswa. Kalau sekarang nggak bisa, harus konsisten,” tegasnya.(dtk)

Subscribe

TEGAS BERITA

%d blogger menyukai ini: